Sekilas Tentang : Bale Santika Tanginas Waras Bhinekas

Bale Santika Tanginas Waras Bhinekas

Nama yang sangat panjang ini, adalah sport center yang dibangun oleh Universitas Padjadjaran di akmpus Jatinangor pada akhir tahun 2009 yang lalu. Lalu apa sebenernya arti nama yang panjang itu. Sport center ini sebenernya cukup disebut dengan “Bale Santika” , sedangkan tanginas waras bhinekas meruapakan peribahasa bahasa sunda yang bisa dianologi seperti Veni, vidi, vici, kalimat Bahasa Latin yang terkenal, berasal dari Julius Caesar, jenderal dan konsul Romawi pada tahun 47 SM. Julius Caesar menggunakan kalimat ini dalam pesannya kepada senat Romawi menggambarkan kemenangannya atas Pharnaces II dari Pontus dalam pertempuran Zela. Kalimat yang berarti Saya datang, saya melihat, saya menang/menaklukkan mengandung arti kemenangan mudah dan mutlak. Kalimat ini sering salah kaprah ditulis sebagai Vini, Vidi, Vici.

Sedangkan tanginas, waras, bhinekas memiliki arti yang hampir mirip. Tanginas berarti seorang yang mandiri, seorang yang bisa bangun pagi sendiri dan berangkat menuju sekolah nya dengan kondisi yang prima, Waras seperti yang kita tau adalah kondisi sehat dari seseorang. Dan bhinekas berarti tangguh dan survive, Kalimat ini menandakan bahwa kita harus menjadi mahasiswa mandiri, sehat dam tangguh.

Bale Santika ini terdiri dari
• 1 lapangan futsal outdoor
• 2 lapangan tenis indoor
• 1 lapangan futsal indoor
• Auditorium mini
• 1 Lapangan Basket
• Taman indah dan bangunan megah
• Lapangan parkir luas

Lalu kapan Bale Santika dapat digunakan?
Penggunaan nya akan dilakukan secepatnya, rektorat merencanakan tanggal 22 April seluruh mahasiswa Unpad dapat menggunakan Bale Santika, Waktu Operasional nya dari jam 7 pagi hingga jam 6 malam, dan gratis untuk seluruh civitas akademika Universitas Padjadjaran. Diatas dari jam itu maka akan dikenakan biaya per jam nya yang akan langsung dibayarkan melalui rekening Unpad.

Bagaimana mekanisme peminjaman nya?
Formulir peminjaman dapat diambil di Pak Edward, Bagian Rumah Tangga Universitas Padjadjaran di Dipati Ukur, sampai bulan Januari 2011. Mulai bulan Januri 2011 dan seterusnya formulir peminjaman bisa langsung di ambil di Jatinangor.

Nasib Stadium Bola Unpad?
Stadium ini akan diluncurkan perdana direncanakan pada bulan Juni 2010, dikarenakan rumput yang ada di stadium belum sepenuhnya mencengkram tanah, di khawatir kan akan lepas, jadi perlu waktu agak lama untuk rehabilitasi nya. Mekanisme peminjaman sama seperti mekanisme peminjaman Bale Santika.

Nah, bagi teman-teman yang sudah tidak sabar untuk memakai nya, silahkan catat tanggal2 diatas dan publikasikan ke teman-teman lain nya.
Hidup Mahasiswa!
Hidup Kesejahteraan Mahasiswa!

Coming Soon:
Bis Unpad Go Green

Tahun 2011 akan diadakan pembangunan 17 gedung baru di Unpad Jatinangor, tunggu info selanjut nya ;P


Ditjen Pelayanan Mahasiswa
Departemen Kesejahteraan Mahasiswa
BEM Kema Unpad

2 comments:

Anonymous said...

tanteu punya no. pa edward nya ??

Aghnia Fadhlanningrum said...

assalam,,, teh mau ijin copas ma sebarkan boleh??